Mengenal Lebih Jelas Waterproofing Geotextile

Dalam dunia kontruksi, berbagai teknik digunakan untuk mempercepat proses serta meningkatkan kualitas . Sebuah teknik dikenal dengan waterproofing geotextile dimana mampu membuat sebuah bangunan atau beton lebih kuat strukturnya melalui teknik tersebut. Termasuk dalam teknik pada bangunan atau pun beton.

Dalam bangunan atau beton, teknik water proofing menjadi sebuah teknik yang banyak digunakan untuk menambah fungsi yang ada. Dengan menggunakan salah satu bahan dari geotextile atau geosintetik yang memiliki fungsi sebagai proteksi, filter, separator maupun perkuatan.

Pada dasarnya bahan geosintetik ini merupakan bahan yang tembus air yang berbahan polyprophilene atau polyester. Biasanya terbagi menjadi dua jenis yaitu woven serta non woven. Waterproofing geotextile menjadi pilihan banyak pengguna karena struktur bahan yang digunakan.

Konsep Waterproofing Geotextile Yang bikin bangunan Makin Maksimal

Kedua bahan (woven dan non woven) pembuat tersebut memiliki tekstur atau cirinya masing-masing. Pada woven bentuknya teranyam seperti terpal sedangkan non woven seperti tidak teranyam atau  kain. Bahan pada geotextile ini mampu berfungsi lebih maksimal saat digabungkan dengan bahan lainnya.

Sedangkan waterproofing merupakan sebuah teknik atau prosedur untuk membuat objek menjadi kedap atau tahan air. Hal ini dilakukan agar dapat melindungi bangunan atau beton dengan lebih sempurna sehingga tidak cepat rusak akibat terkena air. Seperti pada bagian atap, basement, dinding atau pun lantai.

Dengan menggunakan teknik waterproofing geotextile dalam bangunan atau beton, maka diharapkan area atau objek dapat terlindungi dengan lebih maksimal. Dengan demikian Anda kan lebih menghemat waktu serta biaya karena perlindungan yang lebih tahan lama dibandingkan dengan menggunakan teknik lainnya.

Seperti pada beton yang merupakan elemen penting pada sebuah bangunan, dimana fungsinya agar dapat menopang atau menahan kokohnya bangunan tersebut. Pada bangunan ada bagian-bagian yang bersentuhan dengan air atau pun tekanan air. Waterproofing ini perlu digunakan pada objek yang memiliki kondisi seperti diatas.

READ  tukang waterproof Di Karangasem

Anda kini dapat dengan mudah menemukan bahan-bahan waterproofing tersebut dengan kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya. Berikut ini beberapa jenis waterproofing yang mudah atau dapat Anda temukan di pasaran.

  1. Waterproofing membrane, merupakan salah satu jenis waterproofing yang dapat berfungsi jika tidak ada kelalaian. Jenis waterproofing ini menggunakan lembaran yang terbuat dari karet dan biasa diaplikasikan pada atap beton atau pun dak. Jenis ini membutuhkan perawatan karena rentan kerusakan saat telah terpasang.

Selain itu dibutuhkan waktu lebih sehingga berpengaruh pada selesainya serta biaya operasional. Selain itu jika terdapat sedikit lubang atau retak pada beton, maka akan sulit dilakukan perbaikan, terutama jika membrane di basement.

  1. Waterproofing coating, yaitu dengan menggunakan bahan berbentuk cat dari bahan polimer. Biasanya digunakan pada bagian dinding, tangki, bak atau permukaan kayu. Agar mendapatkan perlindungan lebih kuat serta pada permukaan yang lebih luas dapat menggabungkannya dengan bahan polyester.
  2. Integral waterproofing, adalah sebuah modifikasi yang berbentuk cairan serta dapat langsung dicampurkan dalam beton. Sehingga akan dapat mempercepat serta mempermudah dalam pelaksanaan pembangunan proyek tersebut. Memiliki kelebihan karean tak perlu diganti setiap 10 atau 15 tahun.

Kebocoran dapat tejadi jika terdapat keropos, retak atau kegagalan pada sambungan. Biasanya digunakan pada dinding maupun lantai yang berhubungan langsung dengan tanah seperti basement.

  1. Flashband self adhesive, merupakan perlindungan dengan menggunakan lembaran yang direkatkan atau ditempelkan pada bagian permukaan struktur. Lembaran yang digunakan memiliki beberapa lapisan yaitu lapisan cat, aluminium foil, membran polyester serta lembaran karet.

Jenis ini sering pula disebut sebagai waterproofing geotextile karena menggunakan atau terdapat bahan polyester didalamnya.  Jenis ini biasa atau banyak digunakan untuk melindungi bagian beton, atap, lantai dan bagian lainnya.

  1. Waterstop, biasa digunakan atau disarankan pada bagian sambungan beton. Karena seringkali ditemukan sambungan atau lubang yang tidak tertutup rapat. Biasanya digunakan jenis Butyl Rubber yang memiliki sifat fleksibel, akan mengembang setelah terekspos air dalam waktu 10 hari.
READ  Kontraktor waterproof Di Karangasem

Biasanya digunakan dengan mengkombinasikan lem agar lebih kuat walaupun digunakan pada bagian beton yang basah atau lembab. Umumnya digunakan pada bagian basement yang berhubungan langsung dengan tanah.

Waterproofing geotextile memiliki kelebihan karena merupakan gabungan beberapa bahan yang berfungsi untuk saling memperkuat. Sehingga hasil yang diharapkan dapat sesuai dan lebih tahan lama. Dengan metode yang tepat serta alat bantu yang lengkap, maka Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Walaupun terdapat metode-metode yang berbeda sesuai dengan bahan atau jenis dari waterproofing yang digunakan. Namun, pada dasarnya digunakan untuk memperkuat dan mencegah dari kebocoran atau masuknya air pada bagian tertentu. Dengan begitu struktur pada bangunan atau beton menjadi lebiih kuat.

Dengan mengenal lebih jelas teknik waterproofing geotextile, Anda dapat lebih memaksimalkan bahan atau pun jenis yang ada. Agar lebih tahan lama, proses lebih cepat sehingga biaya operasional dapat lebih ditekan. Struktur bangunan atau beton menjadi lebih kuat tanpa harus melakukan perawatan yang rumit.

Blog

Cara Mencari Tukang Bangunan di Sekitar Anda

Cara Mencari Tukang Bangunan di Sekitar Anda

Tahukah Anda, Indonesia memiliki manpower yang sangat cukup. Setiap kota pasti memiliki tukang bangunan, dan jumlah mereka cukup besar. Tidak sulit menemukan mereka. Tapi sayangnya, ada beberapa tukang bangunan yang tidak cukup tereskpose. Hingga banyak mungkin dari...

Harga Baja Ringan Galvalum dan Merk Paling Recomended!

Harga Baja Ringan Galvalum dan Merk Paling Recomended!

Berbicara soal harga baja ringan galvalum, maka kita akan mengkaitkan merk. Setiap merk memiliki harga sendiri karena kualitasnya berbeda-beda. Galvalum atau kepanjangan dari galvanis dan aluminium ini adalah material yang sekarang ini mulai banyak dipakai sebagai...

4 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Tukang Cat?

4 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Tukang Cat?

 Kita cukup membubuhkan kuas di tembok, kemudian membalurinya sampai tembok tertutupi. Tapi ada kalanya, pekerjaan yang bisa kita lakukan sendiri itu lebih baik diserahkan kepada tukang cat yang sudah dijamin ahli di dalam bidangnya. Kenapa harus menyerahkan tugas...

WhatsApp chat